Melalui Kemitraan, Unija, Ristekdikti, dan CV Nurul Jannah Ciptakan Produk Inovasi Berbahan Daun Kelor

Iklan Semua Halaman

Melalui Kemitraan, Unija, Ristekdikti, dan CV Nurul Jannah Ciptakan Produk Inovasi Berbahan Daun Kelor

Senin, 05 Agustus 2019
Kemitraan yang dijalin dosen Universitas Wiraraja bersama CV Nurul Jannah. (dok. Ismawati)

Sumenep, MediaSantri.com – Produk inovasi berupa tablet effervescent berbahan dasar daun kelor mulai dikembangkan oleh CV Nurul Jannah yang beralamat di Desa Pakandangan Sangra, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Hal itu tak lepas dari kemitraan yang dijalin oleh dosen Universitas Wiraraja untuk terus mendampingi masyarakat produktif menciptakan produk inovasi melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) hibah Ristekdikti tahun 2019.

Ismawati, S.TP., M.Sc, Ketua Tim PKM yang juga dosen prodi Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Wiraraja menjelaskan, terjalinnya kemitraan bersama CV Nurul Jannah bermula saat pihaknya melakukan kunjungan industri bersama mahasiswa Unija ke CV Nurul Jannah.

“Pada saat itu, pemilik CV, Ahmad Nurdi menceritakan keinginannya untuk memiliki produk inovasi daun kelor. Namun dia mengaku masih terkendala oleh beberapa hal yang salah satunya adalah kurangnya keterampilan dalam teknologi pengolahan,” katanya.

Dilanjutnya, tim PKM sendiri terdiri dari dua orang anggota, di antaranya R. Amilia Destryana, S.TP., M.Sc, dosen prodi THP bidang teknologi pasca panen dan Aryo Wibisono, ST., MM, dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Keduanya memiliki peran berbeda. Di antaranya yakni R. Amilia Destryanamemberikan pelatihan cara pengolahan tablet effervescent dan Aryo Wibisono memberikan pelatihan manajemen usaha pada mitra,” jelasnya.

Menurut Ismawati, pendampingan terhadap mitra dalam menciptakan produk inovasi kelor, terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya membantu dalam proses desain alat pentablet,  pelatihan dalam proses pengolahan daun kelor menjadi produk tablet effervescent dan pelatihan manajemen usaha.

“Pendampingan kami fokus pada proses desain tablet, pengolahan, dan manajemen usaha khususnya desain pengemasan dan pemasaran,” tandasnya. (ros/va)